Erasmus Mundus Action 2

Dibawah ini merupakan tulisan dari blog http://mutiarafadjar.wordpress.com/

yang saya copas dengan tujuan agar saya gampang untuk mencari info ttg beasiswa erasmus mengingat sebentar lagi saya bakal berburu beasiswa jg

Tiga Langkah Menuju Erasmus Mundus Scholarship

Beasiswa Erasmus Mundus sudah tidak asing di telinga mahasiswa Indonesia. Beasiswa ini memang super. Mulai dari kuotanya, promosinya hingga dananya benar-benar jor-joran. Proses seleksinya pun dibanding beasiswa ngetop lainnya seperti Fullbright, Stuned, dan DAAD relatif mudah. Dengan Erasmus Mundus kita cukup menjalankan tiga langkah.

1. Cari program yang Anda minati. Untuk Master Program kunjungi http://eacea.ec.europa.eu/erasmus_mundus/results_compendia/documents/projects/action_1_master_courses/131_emmcs.pdf

Untuk Doctorate Program kunjungi http://eacea.ec.europa.eu/erasmus_mundus/results_compendia/documents/34_emjd_final.pdf

2. Telusuri link yang tercantum di sebelah program yang Anda minati. Ikuti petunjuk aplikai yang sudah tersedia dengan jelas di web tersebut. Anda biasanya akan diminta untuk men-download atau membuat account untuk proses aplikasinya. Lanjutkan dengan mengisi semua persyaratan yang dibutuhkan.

3. Berdoa sambil menunggu pengumuman.

Mudah bukan?! Ya, betul sekali! Jadi tunggu apalagi!

Bagi Anda yang sedang mencari Joint Master Program dapat memperoleh informasi lengkap 131 program dan jurusan yang ditawarkan di http://eacea.ec.europa.eu/erasmus_mundus/results_compendia/documents/projects/action_1_master_courses/131_emmcs.pdf

Untuk Joint Doctorate Programme silakan kunjungi http://eacea.ec.europa.eu/erasmus_mundus/results_compendia/documents/34_emjd_final.pdf

Erasmus Mundus Action 2, Mau, Mau, Mau?!

Apalagi ini?! Ya, banyak di antara kita yang belum tahu bahwa penyelenggaraan beasiswa Erasmus Mundus ini dilakukan dalam dua frame. Erasmus Mundus Action 1 yang menawarkan program beasiswa degree, terdiri dari Joint Master Programme dan Joint Doctorate Programme seperti di atas. Juga, Erasmus Mundus Action 2 yang menawarkan program beasiswa non-degree.

Sementara masih ada satu frame lagi yakni Erasmus Mundus Action 3 yang ditujukan untuk penguatan kualitas perguruan tinggi dalam bentuk promotion, accessibility, quality assurance, credit recognition, mutual recognition of qualifications, curriculum development and mobility.

Dari ketiga frame ini, Erasmus Mundus Action 2 lah program yang saat ini saya ikuti.

Selama ini Erasmus Mundus Action 2 lebih terkenal dengan nama Erasmus Lotus. Sebetulnya, Erasmus Lotus hanya salah satu dari begitu banyak project beasiswa di bawah Erasmus Mundus Action 2. Adapun project dan program yang ditawarkan amat beragam.

Sebagai gambaran, dalam satu project, penyelenggaran Eramus Mundus Action 2 ini melibatkan 10 Universitas di Eropa dengan sekitar 13 Universitas di Asia yang sebagian besarnya Asia Tenggara. Beruntunglah kita, Anda, wahai pemuda pemudi Indonesia mendapat jatah terbanyak!! (selama kualifikasi memenuhi) Makanya, ayo buruan daftar, deadline 31 Januari 2012!!

Jaman Buapak Ibumu kayak gini-gini nggak ada hooii!!!

Berikut ini sebagian program yang ditawarkan kepada pelajar Indonesia dan Partner University dari Indonesia yang dilibatkan. (Mahasiswa dari maupun dari luar universitas di bawah ini boleh mendaftar program mana saja)

MOVER Universitas Muhammadiyah Malang

Areas Univeristas Gadjah Mada

Techno Universitas Indonesia

EXPERTS Intitut Pertanian Bogor

LOTUS Universitas Gadjah Mada, Intitut Teknologi Bandung

STRONG-TIES Intitut Teknologi Bandung

HEB-SEA Universitas Sanata Dharma

MAHEVA Universitas Gadjah Mada

EURASIA Institut Pertanian Bogor, Universitas Tadulako, Universitas Gadjah Mada

Program beasiswa non-degree ini terus dikembangkan untuk meningkatkan mobilitas para scholars dari luar Eropa ke Eropa. Tujuannya untuk saling mengembangkan potensi akademis di masing-masing benua. Pelajar dari negara berkembang luar Eropa mendapat kesempatan untuk belajar di perguruan-perguruan tinggi dengan sistem yang lebih lama teruji dan dokumentasi ilmu yang lengkap. Para akademisi dan pelajar Eropa mendapat stimulus berupa interaksi sosial yang dapat memperluas perkembangan ilmu pengetahuan dan etos pelajar dari negara berkembang dikenal membara, terutama jika mendapat kesempatan belajar di luar negeri.

Proses Seleksi

Mendapatkan beasiswa itu memang tidak pernah mudah. Gabungan antara usaha, doa, dan kehendak-Nya. Tetapi dari berbagai pengalaman mendaftar beasiswa, Erasmus Mundus Action 2 ini menyediakan proses yang paling mudah!

Bayangkan untuk mendapatkannya, yang perlu Anda lakukan hanya TIGA LANGKAH MUDAH!

1. Klik link yang ada di atas dan pelajari mana program yang sesuai untuk Anda.

2. Klik tombol aplikasi di website tersebut dan ikuti prosedurnya. Anda hanya akan diminta untuk membuat akun aplikasi, semudah membuat akun Facebook! Kemudian Anda, kurang lebih, hanya akan diminta mengisi data diri, memilih program dan universitas yang Anda minati membuat motivation letter, curriculum vitae (saya sarankan dengan European format CV), mengupload hasil scan: identita diri atau passport, ijazah (tidak perlu diterjemah), TOEFL skor (tidak perlu internasional), recommendation letter.

3. Setelah melengkapi semua peryaratan klik submit, semudah klik add friend, sambil mengucapkan bismillah dan doa-doa baik yang pernah Anda punya. Rezeki bisa “dibeli” dengan sedekah. Tak ada salahnya Anda bersedekah 10% dari nilai beasiswa yang Anda harapkan. Seperti yang dijanjikan satu kebaikan setidaknya berbalas dengan 10 kebaikan.

Selamat mencoba! Saya turut mendoakan Anda!!! Kalau diterima, jungan lupa sedekahnya untuk panti asuhan di Indonesia. Agar bukan cuma kita yang merasakan manfaat Erasmus Mundus nya, tapi juga rakyat Indonesia yang belum berkesempatan seperti kita.

Kalau sudah diterima, jangan lupa bersyukur. Ingat, Bapak Ibu Anda, bahkan Simbah Anda sekalipun dia Raja tidak pernah mendapat kesempatan mendaftar beasiswa semudah ini!!!

Salam,
Mochammad Fadjar Wibowo, B.Med
Exchange Student at Universite catholique de Louvain, Belgium
Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
http://www.mutiarafadjar.wordpress.com

sumber : http://mutiarafadjar.wordpress.com/2012/01/26/erasmus-mundus-action-2-siapa-mau/

terima kasih sebesar-sebesarnya saya ucapkan ke pada mas Fadjar

Penulis: ramaputra

The World of Adhitya Ramaputra

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s